Pages

Direct Shopping PT PLN (Persero)

Kamis, 19 Juni 2014

Kali ini aku mau berbagi pengalaman sewaktu mengikuti seleksi Direct Shopping PT PLN (Persero). Ternyata Direct Shopping ini sedikit berbeda dengan rekrutmen yang biasanya karena hanya alumni beberapa perguruan tinggi yang telah ditunjuk aja yang boleh mendaftar. Juga tidak ada tes Bahasa Inggris dan Tes Potensi Akademik yang membuat rekrutmen ini lebih singkat dari yang lain.

Tahapan tes dalam rekrutmen Direct Shopping (DS) PT PLN (Persero) adalah sebagai berikut:
  1. Seleksi administrasi (pastikan kamu berasal dari universitas yang telah ditentukan oleh pihak PLN, karena kalau tidak maka berkasmu tidak akan diterima).
  2. Seleksi Psikotest dan FGD. Psikotes ini merupakan tahapan psikotes yang lengkap dengan pauli dan gambar-gambar. Tes ini membutuhkan cukup banyak energi, jadi pastikan kalian cukup istirahat dan jangan lupa makan. Kemarin waktu jeda istirahat antara psikotes dan FGD kami diberi makan siang gratis, hihihi... Untuk FGD, kami dibagi dalam sebuah kelompok berisi sekitar 7 - 8 orang dan diberi materi berkaitan dengan PLN. Waktu kami hanya 20 menit untuk berdiskusi dan mempresentasikan hasil diskusi. Yang penting kita berani berpendapat dan tidak memaksakan kehendak ke dalam keputusan kelompok menurutku kita bisa melalui tahap FGD dengan baik. Karena menurut temanku, FGD itu untuk mengetahui kemampuan kita dalam bekerja sama dalam tim.
  3. Seleksi kesehatan tahap pertama alias tes fisik. Kita disuruh medical check up pada laboratorium yang telah ditunjuk. Lokasi medcheck-ku kemarin di Prodia Bintaran Kulon Yogyakarta. Tahapan tesnya yaitu tes tekanan darah, pengukuran tinggi dan berat badan, tes keseimbangan, tes visus mata, tes buta warna, dan terakhir tes fisik. Ini nih yang serem soalnya kita disuruh buka baju hihihi... Tapi tenang, dokternya bukan lawan jenis kok :p
  4. Seleksi kesehatan tahap kedua alias tes lab. Nah sebelum tes kita disuruh puasa 10-12 jam sebelumnya. Jadi gak boleh makan berat, ngemil, minum susu, makan buah atau lainnya. Cuma boleh minum air putih aja. Kita juga disuruh ngumpulin sampel feses dan sampel urine, hehehe... Tahapan tesnya yaitu tes darah, makan biar gak pingsan, tes audiometri, rekam jantung, sama rontgen paru-paru. Masing-masing tahapannya berjalan dalam waktu singkat, cuma ngantrinya yang lama, apalagi buat rontgen.
  5. Wawancara. Nah ini pamungkasnya. Tapi sayang sekali aku belum berkesempatan untuk sampai ke tahap ini. Kabarnya sih kita bakal ditanya tentang motivasi kita melamar kerja di PLN dan beberapa hal tentang materi kuliah gitu. Oya, pastikan kamu bersedia ditempatkan di luar Pulau Jawa ya, soalnya itu syarat mutlak buat kerja di PLN.
Itu tadi tahapan yang pernah aku lalui waktu ikut DS PLN, yah walaupun gak sampai tahap wawancara, huhuhu... Tapi gak papa, harus tetap semangat buat menatap masa depan. Kalau gagal ya dicoba lagi sampai dapat! Job seeker sejati gak boleh patah hati! (^o^)9

4 komentar:

  1. wah .... pengalaman pribadi nih... :p

    BalasHapus
  2. iya dong, berbagi pengalaman siapa tahu bermanfaat buat orang lain ^^

    BalasHapus
  3. Tanya Mbak, kebetulan sodara ada yang mo ikut daftar

    Setelah seua tahap dilewati dan dinyatakan lolos, spesifiknya apa yang didapatakan pelamar dan pekerjaan seperti apa yang diberikan?

    Terima kasih

    BalasHapus
  4. kak nanya dongs, dr lab penunjang kira2 brp persen yg kepanggil wawancara? makasi yahh :)

    BalasHapus

Komentator tolong tinggalin nama ya..! Makasih :)

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS