Pages

User Interview PT Badak NGL

Jumat, 26 Desember 2014

Karena namaku gak tercantum dalam daftar nama yang lolos ke wawancara user di Jakarta, yaudah aku pasrah saja. Eh tetiba beberapa hari kemudian, tepatnya tanggal 12 Desember 2014 sekitar jam 10 malam, ada sms dari Pak Tito Yushadi, HRD PT Badak NGL yang dulu cerita-cerita waktu di Hotel Phoenix itu.

Pak Tito bilang ada kandidat yang tak bisa hadir wawancara sehingga aku ditunjuk sebagai peserta pengganti dan disuruh dateng ke Sari Pan Pacific Hotel di Jalan M.H. Thamrin Jakarta tanggal 16 Desember. Alhamdulillah ternyata masih ada harapan. Langsung aku iyain aja dan pesan tiket kereta buat ke Jakarta.

Senin pagi waktu masih di kereta, aku ditelpon Ibu Sudaryani dari PT Badak NGL, diminta mengirimkan nama lengkap dan nomor peserta tes ke beliau. Senin maghrib aku sampai di Stasiun Jatinegara, dijemput sepupuku yang kebetulan kosnya di dekat situ dan dianterin sampai kos sahabatku di Mampang Prapatan. Selasa pagi aku berangkat ke lokasi tes wawancara naik Kopaja AC 612 dari Halte Busway Durentiga, turun di Halte Busway Sarinah dan jalan kaki sedikit ke Sari Pan Pasific Hotel.

Disana aku ketemu adik angkatanku dan 2 orang lagi dari Fikom Unpad. Kami diwawancarai secara bergantian dan aku mendapat urutan terakhir. Panelis yang mewawancarai harusnya ada 3 orang tapi seorang berhalangan hadir karena sibuk dengan tugas yang lain. Aku diwawancarai oleh Pak Bambang Budi, Pjs Senior Manager HRD sama Bu Rini Senior Corporate Communication PT Badak NGL.

Wawancara direkam menggunakan voice recorder dan handy cam. Awalnya disuruh mendeskripsikan diri, pengalaman organisasi dan kuliah, dan prestasi terbaik yang pernah diraih dalam Bahasa Inggris. Tapi selanjutnya pakai bahasa Indonesia kok. Ditanyain modal apa yang ada dalam diri kamu yang bikin PT Badak NGL pantas buat ngrekrut kamu. Ditanyain juga fase-fase sulit dalam hidup dan bagaimana mengatasinya. Ya pokoknya sekitar kuliah, pelajaran kuliah, organisasi, kehidupan sehari-hari, yang intinya bagaimana kita melakukan keseharian yang memproses development diri. Tips dari temannya temanku yang udah ketrima disana yaitu waktu wawancara usahakan menjual tapi jangan over dan jadilah pribadi yang menyenangkan.

Oh ya, gaji di PT Badak NGL untuk jurusan lulusan S1 nonteknik sekitar 14 juta IDR/bulan. Kalau teknik mungkin lebih ya.. Pokoknya setahun bisa sekitar 200jutaan. Setelah user interview masih ada medical check up dan BOD interview. Nah BOD interview ini kita disuruh ke Bontang sana. Tenang, akomodasi ditanggung PT Badak NGL kok sejak user interview. Aku kemarin dapet sejuta buat ganti akomodasi Jogja-Jakarta. Kalau udah sampai BOD interview berarti kita udah 95% ketrima di PT Badak NGL. 

Setelah dinyatakan diterima di PT Badak NGL, kita harus mengikuti pelatihan selama 3 bulan. Selama 3 bulan itu kita udah dapet gaji full. Setelah 3 bulan nanti ada evaluasi lagi. Kalau itu lolos, baru kita dinyatakan lolos sebagai pegawai tetap PT Badak NGL.

Walaupun aku cuma sampai user interview, aku tetap bersyukur karena diberi kesempatan buat mendapat pengalaman bertemu orang-orang hebat selama rekrutmen PWTT PT Badak NGL. Selamat buat teman-teman ya lolos ke tahap berikutnya. Buat yang belom beruntung semoga segera dibukakan pintu rezeki di tempat lain, yang penting jangan patah semangat yaaa!

10 komentar:

  1. Semangat...kita sempat ketemu di interview kayaknya, tapi gw dari jurusan laen....kadang nggak semua seindah yang dibayangkan

    BalasHapus
  2. Semoga mendapat tempat kerja yang lebih baik ya mbak, tetap semangat.

    salam,
    Bambang Budi R

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya.. sudah dapat kerja di tempatg lain kok...

      Hapus
  3. Dulu waktu interview ngambil tema presentasi apa?
    vickram

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu waktu interview gak disuruh presentasi.. cuma diwawancarai aja..

      Hapus
  4. Dulu ada online test nggak, mbak?

    Sabila

    BalasHapus
  5. Permisi, mau tanya bagi pengalaman dong, waktu nunggu hasil tes toeic itu memang lama yah? Lulus ataupun gk lulus tetap diberitahu via email yaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu sekitar 2 minggu ya. Iya, waktu itu dapat email pemberitahuan untuk tes ke tahap selanjutnya.

      Hapus

Komentator tolong tinggalin nama ya..! Makasih :)

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS