Pages

Pemberkasan CPNS BPK RI 2014

Rabu, 31 Desember 2014

Hai hai.. tak terasa kita sudah berada di hari ke-365 dari tahun 2014. Banyak tragedi di akhir tahun ini, seperti kebakaran Pasar Klewer dan hilangnya Pesawat AirAsia QZ8501. Semoga Allah memberikan kekuatan untuk kita semua menghadapinya. Semoga para korban AirAsia lekas ditemukan jasadnya, diberi tempat terbaik di sisi-Nya. Amiin ya roobal'alamiin.
 
Hari Senin kemarin aku ke Jogja buat pembekalan dan pemberkasan CPNS. Banyak kejutan di hari itu, salah satunya kami harus menjual hidup menandatangani kontrak ikatan dinas selama 5 tahun dengan negara Indonesia tercinta ini. Jika kami resign sebelum masa ikatan dinas selesai maka dikenakan pinalti sebesar 50 juta rupiah. Ijazah kami yang asli juga ditahan oleh instansi.

Pada saat pemberkasan, kami diberi tahu penempatan pertama selama 3-4 tahun ke depan. Aku mendapat penempatan di Palu, Sulawesi Tengah. Amazing, ngidam kerja di Indonesia Timur akhirnya terwujud juga alhamdulillah... Kami harus menandatangani surat kontrak di atas materai 6 ribu di depan pejabat BPK. Jika kami tidak bersedia tanda tangan, maka kami dianggap mengundurkan diri sebagai CPNS dan akan diganti dengan peserta cadangan. Sebagian besar sudah mantap tanda tangan dan sebagian kecil yang masih bimbang masih diberi waktu 1 hari lagi untuk memutuskan.

Status kami sebagai CPNS dihitung dari 1 Februari 2015 nanti, sedangkan menjadi PNS 1 tahun kemudian. Sembari menunggu jadwal diklat prajabatan dan diklat ke-BPK-an serta diklat lainnya, kami dipersilahkan magang di kantor perwakilan BPK yang dekat dengan domisili atau sesuai keinginan. Sewaktu magang belum mendapat gaji, melainkan hanya diberi uang saku sebesar 1,6 juta. Untuk jurusan di luar ekonomi akuntasi nanti diklatnya akan ditambah sebulan. Setelah rangkaian diklat selesai baru kami disebar untuk bertugas sesuai penempatan masing-masing.


2 komentar:

  1. Hallooowwwwwww... Aku ijin share ini yah mbak :)
    indahpasaribu.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Halooo mbak Indah, iya boleh kok :)

    BalasHapus

Komentator tolong tinggalin nama ya..! Makasih :)

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS