Pages

Sesaat Bersama Askes aka BPJS Kesehatan

Kamis, 02 Januari 2014

Jadi ceritanya bulan Desember kemarin aku sama teman SMA ku ngelamar kerja di PT ASKES (Persero) yang sekarang jadi BPJS Kesehatan. Disini aku melamar posisi CP (Calon Pemimpin). Pertama kali tau ada lowongannya, aku ngecek di internet dan mengumpulkan persyaratan di kantor Askes terdekat. Ternyata masih kurang dua berkas, jadilah aku ke warnet terdekat buat membuat kelengkapan berkasnya. Banyak juga yang bikin berkasnya on the spot gitu ditulis tangan di kertas folio. Tapi karena aku lebih suka surat yang diketik biar lebih rapi jadi aku pilih ke warnet aja. Di kantornya udah bejubel orang yang mau masukin lamaran, dan sekalian diperiksa kelengkapan berkasnya sama petugas. Saking penuhnya sampai aku susah napas, apalagi badanku mungil gini, ga kebagian udara bebas, kalah sama yang lebih gede, hehehe.

Seminggu berselang masuklah sebuah sms ke hpku di siang bolong. Intinya aku lolos seleksi administrasi dan bisa mengikuti ujian selanjutnya yaitu Tes Pengetahuan Umum (TPU) dan Tes Pengetahuan Bidang Tugas (TPBT) yang akan dilaksanakan di hari berikutnya. Maknyak, udah kalang kabut aja nih, pengumuman Siang jam 1, tesnya Selasa pagi jam 8 di Semarang, tepatnya di GOR Jatidiri. Weleh-weleh… Gak kebayang itu dimana, soalnya aku gak hafal tempat di Semarang.

Akhirnya aku ditemenin Mamah sama Fahmi berangkat pagi buta dari rumah, jam 3.45. Sesampainya di Terminal Tirtonadi, kita langsung naik bus AC jurusan Solo-Semarang. Sampai di Sukun jam 6.45. Dari Sukun kita naik taksi sama seorang bapak dan anak perempuannya yang juga mau tes Askes. Sampai di GOR udah rame banget dan banyak penjual makanan. Karena tesnya di GOR, aku nyari dulu tribun mana yang jadi tempat dudukku baru keluar lagi buat makan. Laper mak, belom sarapan sedari shubuh. Dan semua pedagang seperti gak mau rugi. Mereka menaikkan harga makanan, entah apapun yang dipesan, dihargai 10 ribu rupiah. Mau itu semangkuk bakso, sepiring pecel, ataupun sebotol minute maid pulpy orange. Ckckckck…

Ternyata tesnya dimulai agak molor dari jam yang telah ditentukan dan soal-soalnya pun di luar dugaan. Isinya tentang UU, teori kepemimpinan oleh si ini dan si itu, siapa direktur askes sekarang, bla bla bla. Aku ngerjainnya pun dengan modal nalar dan feeling aja, hahaha. Jam 10 udah banyak yang selesai padahal waktunya masih banyak. 100 soal dengan waktu 2 jam. Aku juga ikut keluar aja setelah punyaku selesai. Aku sama Mamah dan Fahmi gak mampir kemana-mana walaupun banyak saudara yang tinggal di Semarang. Kita pingin langsung pulang dan melanjutkan tidur yang tertunda, hahaha.

Alhamdulillah aku dan teman SMA-ku sama-sama lolos ke tahap selanjutnya yaitu tes computer. Karena sudah masuk musim hujan, aku sama Mamah mutusin berangkat sore dan menginap di tempat nenek di daerah sebrang RS Karyadi karena lokasi tesnya di Unisbank, Jalan Tri Lomba Juang nomor 1 Semarang. Gak jauh-jauh amat lah dari tempat nenek. Tesnya simple, tapi waktunya kurang jadi gak bisa selesai, huhuhu… isinya kita dikasih print out word, excel sama powerpoint dan disuruh ngetik persis sama kayak di cetakan itu. Yang word sama powerpoint okelah udah biasa make jadi ya bisa selesai. Tapi yang excel, duh, baru sekitar 60 % huhuhu…

Katanya setelah tes computer ada psikotes. Tapi ya ternyata kesempatanku cuma sampai titik ini aja, gak lolos ke tahap selanjutnya, huhuhu… Gak papa, yang penting diambil pelajarannya, tetap semangat untuk mencari kerja di luar sana! :D

2 komentar:

  1. Mba Fatikong, kalo tau alamat kost-an yang bisa harian di belakan PMI dimana ya.
    terimakasih.
    -Ari-

    BalasHapus
  2. Jl Nipah 9 No 7 Petogogan Kebayoran Baru Jakarta Selatan, nama pemiliknya Bu Iryana. Tapi maaf banget nomer hpnya ilang waktu hpku ilang..

    BalasHapus

Komentator tolong tinggalin nama ya..! Makasih :)

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS