Pages

(Hampir) Kena Tipu

Kamis, 02 Januari 2014

Ceritanya, siang itu tanggal 26 desember 2013 tetiba ada panggilan masuk ke hapeku dari nomer tak dikenal, sebut saja +6285838445115. Suaranya bapak-bapak gitu, namanya sapa aku lupa. Dia bilang aku dapat hadiah 8 juta rupiah sama bonus pulsa 500 ribu. Syaratnya aku disuruh ke ATM, karena uangnya langsung dikirim dari sana pake apalah istilahnya gak tau. Aku disuruh ngikuti instruksi darinya dan selama dia nelpon dari aku masih di rumah sampai aku sudah ada di ATM, aku gak boleh ngobrol sama orang-orang di sekitarku. Dia bilang itu bisa nganggu rekaman dari Indosat sama Global TV, soalnya pembicaraanku sama dia selama ditelpon itu direkam dan nanti jam sebelas malam akan disiarkan di Global TV. Sebelumnya dia juga bilang kalau tadi pagi jam 8.30 sudah diumumkan pemenang hadiahnya. Walaupun aku tadi pagi gak nonton TV, tapi aku hafal banget ya jam 8 itu acara Global TV Thomas & His Friends terus jam 8.30 dilanjutin Chugginton. Gak mungkin ada kuis-kuisan jam segitu apalagi ini musim liburan. Acara TV isinya film anak-anak semua. Yang ada juga cuma kuis WIN HT sama Joget-joget di Pesbukers, Campur-Campur, sama YKS. Yah, ketauan deh kerjaanku cuma nonton TV doang jadi apal banget acara-acara alay macam begituan, hahahaha.

Belum cukup sampai disitu, dia bilang uangnya kagak bisa kekirim semua ke rekeningku karena jarang dipake. Baru kekirim separuhnya. Terus dia minta aku pakai kartu ATM yang lain. Udah aku turutin tuh. Dia bilang kagak bisa dikirim karena saldo minimalnya kurang. Dia masih kekeuh nyuruh aku buat nyari kartu ATM lain. Dari awal emang aku udah curiga, jadi walaupun aku turutin apa maunya dia, tapi aku tetep stay cool. Gak excited sama sekali walaupun dia nyebutin nominal jutaan rupiah. Dia bilang sisa yang 4 juta belum terkirim itu bisa dikirim ke ATM-ku yang tadi asal aku ngisi 400rb ke rekeningku sendiri. Ya mana ada bank yang buka di akhir tahun gini.. Dia bilang aku suruh pinjem duit ke orang yang ada di ATM itu buat transfer ke aku dan aku kasih cash ke orang itu. Ya dipikir aja dong, mana ada orang yang mau dengan senang hati tetiba suruh transfer duit ke rekening orang lain, Santa Claus aja juga mikir-mikir kalau mau kasih hadiah kaleee…!

Dari situ aku udah mulai kehabisan stok sabar. Dari telpon awal dia bahkan salah ucap. Dia bilang ini hari Sabtu, jadi gak bisa transfer ke rekeningku jadi aku harus ke ATM dengan tata caranya yang blab la bla gitu. Udah gitu ye, si orang ini berkali-kali ngucap istighfar berasa kayak dia ngadepin pelanggan bego gitu. Padahal kan jelas-jelas aku yang disini diuji kesabarannya. Dia bahkan nyuruh aku pinjem ke tetangga tuh duit 400 ribu. Monyet ngelahirin juga bisa mikir kalau pinjem duit ke tetangga sendiri juga kagak semudah itu. Pas itu aku udah bentak dia terus dia ngomong apa gak jelas dan buru-buru nutup telponnya. Padahal dari awal dia kekeuh gak mau nutup telpon.

Buat teman-teman semua tolong lebih waspada ya, orang yang Cuma di rumah gak pergi kemana-mana gini aja bisa kena tipu, gimana kalian yang  mobilitasnya tinggi sering ketemu sama orang baru di luar sana. Tambahan info, ibunya temenku ada yang pernah kena hipnotis lewat telepon yang intinya nyuruh beliau buat ngirim sejumlah uang. Udah ada 2 orang ibu yang kena di sekitarku. Yang satu kehilangan 24 juta, yang satu untungnya gagal karena saldonya kurang. Aku masih bersyukur sih saldoku mepet cuma tinggal beberapa puluh ribu rupiah aja jadi gak ilang sama aksi penipu tadi. Pokoknya kita harus tingkatin kewaspadaan ya, jangan mudah percaya sama orang atau telpon masuk dari orang tak dikenal. Waspadalah! Waspadalah! Waspadalah!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentator tolong tinggalin nama ya..! Makasih :)

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS