Pages

Psikotes Jasa Marga

Jumat, 24 Oktober 2014

Ceritanya beberapa bulan lalu aku apply Jasa Marga. Tes pertama adalah tes online. Terdiri dari sinonim-antonim, penjumlahan pengurangan perkalian pembagian, dan tes bahasa Inggris. Kalau tidak salah untuk mengerjakan semuanya diberi waktu sekitar 1,5 sampai 2 jam.

Tahap selanjutnya adalah psikotes. Tes ini diadakan di Kantor PPM Asesmen SDM di Jalan Menteng Raya 9 Jakarta Pusat. Waktu itu pengumuman hari Jumat pukul 10 malam, aku baru membukanya sekitar jam 12 malam. Jadwal psikotesku Minggu jam 7.30 pagi. Alhasil rada kelimpungan dan gak ada persiapan. Mengecek tiket kereta pun tinggal yang ekonomi AC dari Jogja. Jadi rada gambling juga, kalau sampai di Jogja dapet tiket ya berangkat, kalau enggak ya sudah hitung-hitung refreshing ke Jogja.

Sabtu pagi aku ke Jogja, sesampainya di sana ternyata kereta ekonomi AC yang berangkat jam 9 pagi dan sampai Pasar Senen maghrib sudah habis tiketnya. Tinggal kereta ekonomi AC yang berangkat maghrib dari Jogja dan sampai di Jakarta jam 3 dini hari.

Akhirnya aku beli tiket yang itu, dan menunggu sore di Jogja aku sempatkan datang ke wisudaan adik kosku yang ekstensi di UNY. Di perjalanan ternyata ada penambahan jalur kereta jadi molor jam perjalanannya. Jam 3 pagi baru sampai di Stasiun Pasar Senen.

Oleh temanku yang sudah aku mintai tolong buat mengantarkan ke lokasi tes, aku tak boleh keluar dari peron sebelum matahari bersinar. Jadilah aku numpang sholat dan mandi di stasiun dengan air yang keruh dan sampai menyisakan jerawat di wajahku beberapa minggu setelahnya.

Dari sebrang Stasiun Pasar Senen, aku dan temanku naik P20 dan turun tepat di depan kantor PPM Asesmen. Tes baru dimulai pukul 8 lebih dan selesai sekitar pukul 12.30. Tesnya lengkap banget ada Kraepelin dan gambar macam wartegg dan gambar pohon dan gambar orang. Di gambar orangnya disuruh ngasih keterangan sifat kelebihan dan kekuarangan orang itu dan mau nggak kamu buat jadi dia. Ada tes bahasa Inggris juga padahal udah ada tes bahasa Inggris waktu tes online. Psikotes mulai sekitar jam 8 pagi sampai jam 1 siang dan sangat amat melelahkan otak apalagi banyak yang belum sempat sarapan karena di pengumuman disuruh sampai lokasi tes jam 7 pagi. Sampai berkunang-kunang mataku rasanya begitu kelar tes.

Setelah itu, aku diajak temanku makan di KFC Tugu Tani demikian mereka menyebutnya. Karena aku ingin pulang naik bus, temanku mengajakku jalan kaki dari KFC Tugu Tani sampai ke Halte TJ Kwitang. Sampai di sana, bus menuju Pulogadung pun selalu penuh sesak. Dengan kesabaran yang ekstra, akhirnya dapat juga kami naik TJ sampai di Terminal Pulogadung.

Setelah itu kami jalan lumayan jauh mencari Pulogadung Trade Center, karena agen Bus Raya yang akan kutumpangi berada di sebrangnya. Setelah beberapa lama berjalan kaki akhirnya kami memutuskan naik angkot. Ternyata gak jauh dan kami langsung sampai di depan agen bus.

Waktu itu ada beberapa bus yang akan berangkat sore itu. Ekonomi non AC seharga Rp 130 ribu, Junior (AC tapi busnya lebih mungil dari yang biasanya) Rp 150 ribu, dan Executive Rp 210 ribu ada foot step nya atau apalah yang ada tempat kakinya itu. Semuanya sudah termasuk makan malam di perjalanan. Akhirnya aku pilih yang tengah yaitu Junior, hehehe.

Berangkat dari pool bus Pulogadung pukul 15.30 sore sampai di garasi Raya Bulakrejo, Sukoharjo pukul 5.30 pagi. Sebenarnya ini bus jurusan Jakarta-Solo-Matesih, tapi karena rumahku dekat dengan garasi bus jadi aku sekalian turun di garasi. Nyaman kok sopirnya gak ugal-ugalan, sempat berhenti 2 atau 3 kali gitu waktu entah dimana hari sudah malam dan aku gak kuat melek saking ngantuknya. Menurutku lebih nyaman naik bus daripada kereta ekonomi AC yang tempat duduknya terlalu tegak dan bikin kaki bengkak itu.

P.S. Ini nomer telpon agen bus Raya di Pulogadung 021-4601608.