Pages

TPA PT Badak NGL

Senin, 27 Oktober 2014

Selamat pagi semuanyaaaa... Semangat memulai hari Senin dengan suka cita yaaa... Selamat buat Pak Rektor mantan kampusku yang baru saja dilantik jadi Mensegneg, selamat mengemban amanah baru Pak Tik, semoga lancar dan bersih dari KKN. Amiiin... :)

Beberapa menteri Kabinet Kerja-nya Pak Jokowi berasal dari alumni Kampus Biru, sampe di Republika Online dibilang Geng UGM. Jadi ikutan bangga nih, hohoho... Oh ya, satu lagi deh. Selamat hari listrik nasional ke-69, semoga listrik cepat merata ke berbagai pelosok nusantara yaaa... Efek skripsi PLN jadi susah move on dari kelistrikan.

Pasti pada bingung deh, judulnya apa, prolognya apa, hahaha.. Oke lah mari kita mulai saja. Jadi kemarin hari Minggu, 26 Oktober 2014, aku berkesempatan mengikuti Tes Potensi Akademik (TPA) sebagai seleksi awal dari rekrutmen PWTT PT Badak NGL. Acara dimulai pukul 7.30 tetapi peserta diharuskan datang 30 menit sebelumnya. Karena lokasi tesnya di Fakultas Psikologi UGM yang lagi direnovasi, jadi kemarin rada muter gitu nyari pintu masuknya, hahaha. Syukurlah pas nyampe di sana, acaranya belum dimulai.

Tepat pukul 7.30 kami daftar ulang dan diberi kartu peserta. Itu harus antri buat nunjukkin syarat-syaratnya, yaitu KTP, ijazah sama transkrip nilai (semuanya asli dan fotokopi). Setelah dapet kartu peserta tes yang udah ditempelin foto, kami antri lagi verifikasi dari PT Badak NGL-nya. Distempel itu kartu tesnya biar resmi, fotokopian KTP, ijazah, sama transkrip nilai dikumpulin di situ. Selesai verifikasi, kami dikumpulkan di salah satu ruangan tes yang paling muat banyak orang buat briefing sama pemutaran company profile. Aku baru tahu ternyata 50% saham PT Badak NGL itu dimiliki oleh Pertamina :D

Waktu briefing dijelasin kalau nanti tesnya ada 2 jenis yaitu TPA sama FET (Fundamental Engineering Test). Syukurlah yang dari jurusan non teknik cuma TPA doang. Mati aja kalau juga disuruh FET yang tesnya 4 jam nonstop dan kabarnya isinya soal-soal macam Kimia, Fisika, dan Matematika yang sudah kuceraikan sejak dari kelas 2 SMA hahaha.

Kemarin itu aku baru pertama kali menjumpai TPA yang pakainya PAPs alias Potential Academic Pascasarjana. Jadi itu tesnya sebenarnya TPA buat S2 di UGM gitu. Jadi kalau nanti lolos TPA ini bisa diartikan kalau kemungkinan besar kita juga bakal lolos TPA buat masuk S2 di UGM, hihihi. Jadi motivasi lolos TPA ada 2, buat lolos tes tahap selanjutnya PT Badak NGL sama buat ngelihat kira-kira pantes gak buat lanjut S2 di mantan kampus tercinta.

TPA model PAPs ini terdiri dari 120 soal yang harus diselesaikan dalam waktu 100 menit. Terdiri dari tes verbal (sinonim, antonim, analogi dan pemahaman bacaan - 40 soal 20 menit), tes kualitatif (deret angka, aritmatika, aljabar, perbandingan kuantitatif - 40 soal 40 menit), dan tes penalaran logis (diagram, analitis, serial, klasifikasi - 40 soal 40 menit).

Tenang saja, waktu tes ini kita dikasih konsumsi kok. Pagi ada snack, siang ada nasi box. Walaupun kita gak ikut FET juga tetep dikasih lunch, hohoho... #PecintaGratisan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentator tolong tinggalin nama ya..! Makasih :)

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS