Pages

Tes Tahap 2 OJK

Selasa, 21 Oktober 2014

Sabtu pekan lalu, tepatnya tanggal 18 Oktober 2014, aku berkesempatan mengikuti Seleksi Tahap II Calon Staf Reguler Otoritas Jasa Keuangan (OJK) setelah dinyatakan lolos Seleksi Tahap I yaitu seleksi administrasi.

Tempat tesnya di STIM YKPN Jalan Palagan KM 7 Yogyakarta (utara Monjali). Pada jadwal seharusnya aku mengikuti tes di shift ketiga yaitu pukul 14.00. Namun, karena aku harus ke Cirebon dan keretanya berangkat pukul 16.08 dari Stasiun Lempunyangan, aku berusaha meminta izin untuk mengajukan jadwal tes. 

Aku sampai di lokasi tes pukul 10.50 dan langsung menemui panitia. Awalnya mereka tidak mengizinkan, namun setelah mengetahui ada kursi kosong di ruang tes, aku diperbolehkan untuk mengikuti tes shift kedua. Alhamdulillah lega rasanya tidak jadi ketinggalan kereta.

Tes dimulai sekitar pukul 11 sampai 2 siang. Kami harus menunjukkan ijazah dan transkrip nilai asli untuk keperluan verifikasi jurusan dan IPK. Model tes psikologinya mirip psikotes Direct Shopping PLN yang diadakan oleh ECC UGM bulan Mei lalu. Bedanya, psikotes PLN menggunakan Pauli yang cara mengerjakannya dari atas ke bawah, sedangkan OJK menggunakan Kraepelin yang cara perhitungannya dari bawah ke atas.

Ada yang istimewa dari psikotes kemarin, yaitu kunjungan langsung dari Direktur SDM OJK. Beliau mengatakan bahwa kami sebagai generasi muda harus selalu positive thinking. Dari 42.000 orang pelamar yang sudah apply online, hanya 50% yang berhak mengikuti tes ini. Nantinya jumlah akhir yang akan diterima sebanyak 500 orang. Persaingan begitu ketat. Semangat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentator tolong tinggalin nama ya..! Makasih :)

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS