Pages

Petualangan ke Dieng (Part 2)

Rabu, 15 Mei 2013

Dari pertigaan kami turun tadi ke lokasi wisata kan masih agak jauh, sebenarnya ada banyak tukang ojek yang nawarin jasa ke kami. Dasar ogi, kami nanya sama yang jual makan juga katanya jalan kaki gak jauh. Jadilah kami milih jalan kaki setelah kita sholat di masjid deket situ. Masjidnya bersih dan bagus, airnya sedingin air es, bbbrrr...


Sepanjang kami jalan, berasa jauh banget gak nyampe-nyampe, gak muncul-muncul itu loket ato papan petunjuk wisata ato apapun. Berasa ngiri banget sama wisatawan yang pada boncengan pake motor, mereka udah pada ngilang dari pandangan aja gitu sekejap mata. Eh, tetiba ada mobil pick up nglaksonin. Kami odong kan ya, gak ngeh itu kode nawarin tumpangan ato apa yaudah cuek aja. Berikutnya ada mobil kijang dengan warna jingga ngejreng nglakson trus berhenti di depan kami. Berisi bapak-bapak dengan anak yang sedang tidur di jok belakang. Kami ditanyain mau kemana, ya kami jawab aja mau ke tempat wisata Dieng.

Taunya si bapak ngasih tebengan. Kami nurut aja, berdua duduk di depan semua, kecil-kecil ini gak papa lah ya, hahaha. Sampai di depan gerbang wisata telaga warna, orang-orang yang jaga di depan pada manggil si bapak dengan sebutan pak Lurah. Nah lho, kita bingung sendiri. Sama si bapak, kami disuruh langsung masuk aja tanpa beli tiket, alhamdulillah, emang rejeki gak kemana ya, hahaha. Jadilah kami cuma bilang makasih sambil cengar-cengir imut ke pak Lurah yang udah gabung sama bapak-bapak di depan tadi.

Pertama, kami langsung ke Telaga Warna. Ini danau warna warni gitu, airnya ada yang warna hijau, biru, tosca, bagus deh pokoknya. Ini dia penampakannya!

Agak rame di telaganya, kami milih jalan terus menyusuri jalan setapak yang entah kemana. Ternyata berujung di sisi lain si telaga itu juga, bagian yang butek dan bau karena banyak kotoran kelelawarnya. Pas kami disitu, ada motor yang lewat di pinggir telaga dong ya. Berasa motor off road kali ya, hahaha. Sepertinya disitu ada jalan penghubung antar desa gitu. Buktinya ada motor yang lewat situ, hehehe. *sotoy abis*

Udah tau disitu ada semacam pantai bau kelelawar, kami jalan balik ke titik semula, terus ngikutin jalan sepetak yang naik menuju Dieng Plateu Theater.  Kami gak tau sih itu apaan, dari namanya mirip bioskop, tapi masa iya di perbukitan ada bioskop, hahaha. Naiknya lumayan cing, kami sempet berhenti sebentar-sebentar gitu buat minum dan foto-foto.
Sesampainya di atas, kami disambut oleh PKL yang menawarkan dagangan kayak kentang goreng dan beragam syal penghalau hawa dingin gitu.

Bener aja dong ya, di situ ada bangunan gede buat gedung bioskopnya. Kita cukup bayar 4 ribu buat nonton semacam video company profile-nya Pegunungan Dieng yang berdurasi sekitar 20 menit. Anginnya kenceng dan dingin banget, bo! Di seberang Dieng Plateu Theater ada pembangkit energi milik PT Geo Dipa Energi.

Nah, keluar dari sini kami bingung mau kemana lagi. Hari udah sore. Gak tau juga kesana kemari naik apa, soalnya gak ada kendaraan umum yang lewat situ. Maka bertanyalah kami pada bapak-bapak penjaga tiket bioskopnya. Dan entah mungkin muka kami memelas ato gimana, bapaknya malah nawarin buat nganterin kami keliling objek wisata Dieng yang lainnya, yaitu kompleks Candi Arjuna dan Kawah Sikidang. Kami sih oke-oke aja tak lupa bismillah dalam hati biar gak diculik, hihihi. 

Tapi sebelumnya kami mau keliling dulu, ada bagian yang belum terjelajah tadi. Oya, si bapak petugas ngajakin kami naik ke atas tebing. Dari sana kami bisa lihat bagusnya pemandangan Telaga Warna dan Telaga Pengilon dari atas. Bagus banget deh!

Di kompleks itu ada goa-goa kecil, namanya Goa Semar, Goa Pengantin, Goa Jaran. Goanya gak bisa dimasukin orang, wujudnya cuma kayak reruntuhan batuan gitu soalnya. Setelah puas ngeliatin goa, akhirnya kami menuju pintu gerbang wisata Telaga Warna. Eh, si bapak tadi udah stand by aja, tinggal dikodein aja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentator tolong tinggalin nama ya..! Makasih :)

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS