Pages

Diary Work From Home Day 21 : Let's Try the InaRISK Apps by BNPB

Kamis, 16 April 2020

Selamat hari Kamis manis gaes! Hawa-hawanya udah pingin cepat weekend dan gajian lagi aja, gak, sih? Hahahahaha.

Sebagai follower instagram dr. Tirta Mandira Hudhi, kemarin aku baca postingannya tentang aplikasi InaRISK. InaRISK adalah portal BNPB yang merupakan hasil kajian risiko yang menggunakan arcgis server sebagai data services yang menggambarkan cakupan wilayah ancaman bencana, populasi terdampak, potensi kerugian fisik (Rp.), potensi kerugian ekonomi (Rp.) dan potensi kerusakan lingkungan (ha) dan terintegrasi dengan realisasi pelaksanaan kegiatan pengurangan risiko bencana sebagai tool monitoring penurunan indeks risiko bencana. 

Nah InaRISK ini dapat memetakan risiko tempat kita berada dengan berbagai macam potensi bencana, seperti bencana alam, banjir, bahkan wabah Covid 19. Kalau kata dr. Tirta pada postingan ig-nya:
Dalam apps “INArisk personal" buatan @bnpb_indonesia

Akan keluar resiko daerah, dan resiko personal
Kalo daerah anda beresiko tinggi covid, nanti ikuti edukasi ini

Kalo resiko personal, ada rendah, sedang dan tinggi

Jika resiko anda rendah, ikutin edukasinya. Jika sedang lebih waspada

Jika resiko daerah anda tinggi, dan resiko personal anda tinggi, ANDA POTENSI MENJADI OTG, SO STAY RUMAH . JANGAN SENTUH2 ORANG TUA !
Yuk kita unduh dan isi assessment mandiri di aplikasi InaRISK pakai smart phone masing-masing. Aku udah isi, alhamdulillah hasilnya risiko personal rendah meskipun sedang berada di daerah dengan risiko tinggi. Tata caranya ada di link ini ya!
Hasil self assessment di apps InaRISK
Angka positif COVID-19 pada Rabu (15/4) kemarin adalah 5.136 kasus. Angka positif COVID-19 yang diumumkan pada Kamis (16/4/2020) ini menjadi 5.516 kasus. Berarti ada lonjakan 200 kasus positif COVID-19 dalam sehari.

Semoga penurunan angka positif ini memberikan harapan baru untuk kita semua ya gaes, tetap sehat dan patuhi PSBB! Semoga wabah Covid 19 ini segera berakhir agar kita bisa beraktifivas secara normal kembali, aamiin.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentator tolong tinggalin nama ya..! Makasih :)

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS